Kumpulan Doa untuk Kedua Orang Tua Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Apakah kalian sudah merasa berbakti kepada kedua orang tua kalian? Jika sudah, dengan cara apa kalian berbakti kepadanya?

Doa adalah salah satucara utama untuk berbakti kepada kedua orang tua kita. Entah mereka yang masih hidup ataukah yang sudah meninggal dunia.

Doa Untuk Kedua Orang Tua

doa untuk orang tua

wajibbaca.com

Orang tua merupakan orang yang paling berjasa dalam hidup kita, mereka berdua adalah orang yang telah merawat, melahirkan dan membesarkan kita hingga saat ini. Mereka tidak pernah meminta imbalan atau bayaran sedikitpun Tanpa mereka sudah pasti kita tidak bisa seperti sekarang, nah maka dari itu wajib bagi kita untuk berbakti kepada orang tua.

Meskipun orang tua kita tidak pernah meminta balasan atas apa yang telah mereka berikan selama ini, namun sudah sepantasnya kita menghormati, menyayangi dan berbakti kepada mereka berdua.

Dibawah ini akan kami sajikan penjelasan lengkap seputar doa kedua orang tua. Mulai dari Doa orang tua yang masih hidup, doa kedua orang tua yang sudah meninggal, doa kedua orang tua yang sakit parah, keutamaan berdoa untuk kedua orang tua, cara berbakti kepada orang tua, hingga anjuran berbakti kepada orang tua.

Doa Kedua Orang Tua Yang Masih Hidup

Doa Kedua Orang Tua Yang Masih Hidup

theatlantic.com

Inilah Doa yang bisa kita panjatkan kepada kedua orang tua kita. Meskipun lafadz doa ini pendek, namun doa ini InsyaAllah mustajab, karena doa ini ditujukan untuk mencapai ridha ilahi:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Allahumma fighfirlii wa liwaa lidhayya warham humaa kamaa rabbayaa nii shokhiroon

Artinya : Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, baik ibu dan bapakku, kasihanilah keduanya seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.

Doa Anak Kepada Orang Tua dan Saudaranya

Doa Anak Kepada Orang Tua dan Saudaranya

pekanbaru.tribunnews.com

Nah, doa ini adalah doa yang sudah mencakup secara lengkap dan menyertai saudara saudara seiman kita. Sehingga doa ini tak hanya ditujukan kepada bapak ibu kita, tapi juga untuk seluruh umat muslim saudara kita di dunia.

اللَّهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَلِوَالِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيْرَا . وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَلْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ . اَلْاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْاَمْوَاتِ . وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ . رَبِّ اغْفِرْ وَارْ حَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّ احِمِيْنَ . وَلاَحَوْلَ وَلاَقوَّةَ اِلاَّبِاللَّهِ الْعَلِيِ الْعَظِيْمِ

Allahummaghfirlii, waliwaalidayya, war hamhumma, kamaa robbayaanii shagiiroo. Walijami’il muslimina, walmuslimaati, walmu’miniina, wal mu’minaati, al ahyaa’i minhum wal amwati, wataabi’ wabainanaa, wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa anta khoirur roohimiina, walaa quwwata, illa biilaahi ‘aliyyil adzim.

Artinya : Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa dosaku dan dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Mu.

Doa Kedua Orang Tua Yang Sakit

Doa Kedua Orang Tua Yang Sakit

rejekinomplok.net

Doa dibawah ini tidak bisa kita panjatkan sendiri, melainkan doa ini harus di baca oleh orang yang sakit tersebut dan kita sebagai pembimbing agar mereka mampu melafalkan doa dengan baik.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya : Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.

Doa Kedua Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Doa Kedua Orang Tua Yang Sudah Meninggal

dream.co.id

Meskipun jasa mereka tanpa imbalan, namun meskipun demikian kita tak bisa seterusnya melayani orang tua kita, karena hubungan orang tua dan anak akan terputus dikala orang tua kita meninggal dunia. Namun meskipun tak bisa melayani secara langsung, kita juga bisa mengirimkan amalan untuk kedua orang tua anda, agar mereka tenang dan ditempatkan di surga.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkata :

اِذَا مَاتَ الْاِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ اِلَّا مِنْ ثَلاَ ثَةٍ مِنْ صَدَقَتٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يٌتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali 3 (tiga) perkara, yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak shaleh.”

Berdasarkan hadist tersebut, meskipun orang tua anda telah tiada, namun anda tetap bisa berbakti kepada orang tua anda dengan mengirimkan doa doa yang terbaik untuk mereka. Berikut merupakan doa yang dapat anda bacakan untuk orang tua anda yang telah tiada di dunia ini, agar mereka mendapatkan pengampunan dan perlindungan di surga.

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya : wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dam muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka

Doa Kedua Orang Tua Yang Sedang Sakit Parah

Doa Kedua Orang Tua Yang Sedang Sakit Parah

riaulink.com

Doa ini ditujukan agar orang tua kita yang sedang sakit dengan harapan semoga diberikan kemudahan untuk sembuh ataupun kemudahan dalam melepas kehidupan duniawinya, agar lebih tenang apabila masa hidupnya telah mencapai batas waktunya.

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khirolli.

Artinya : Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.

Anjuran Untuk Berbakti Kepada Orang Tua

Anjuran Untuk Berbakti Kepada Orang Tua

hiveminer.com

Keutamaan diatas merupakan suatu cara untuk mencapai jalan yang haq guna memperoleh ridha dari Allah Subhanallahu wa ta’ala melalui bakti kita kepada orang tua. Dalam Al Qur’an sendiri menyebutkan bahwa manusia harus bertauhid dan selanjutnya dilanjutkan dengan melakukan bakti kepada kedua orang tuanya. Hal ini tertulis dalam surat Al Israa’ ayat 23– 24, Allah Ta’ala berfirman:

وَقَضَىَ رَبُّكَ اِلاَ تَعْبُدُوا اِلاَّ اِيَّاهُ وَبِالْو الِدَيْنَ اِحْسَانًا . اِمَّا يَبْلُعُنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَا اَوْ كِلاَ هُمَا فَلاَ تَقُلْ لَهُمَا اُفٍّ وَلاَ تَنْهَرْ هُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِ يْمًا

Artinya : “Dan Rabb mu telah memerintahkan kepada manusia janganlah ia beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada kedua orang tua dengan sebaik baiknya. Dan jika salah satu dari keduanya atau kedua duanya telah berusia lanjut disisimu maka janganlah katakan kepada keduanya “Ah” dan janganlah kamu membentak keduanya” (Al Israa’ : 23)

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّ حْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا

Artinya : “dan katakanlah kepada keduanya perkataan yang mulia dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang. Dan katakanlah ‘Wahai Rabbku sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu kecil.’” (Al Israa’ : 24)

Perintah berbakti kepada orang tua juga terdapat dalam surat An Nisa’ ayat 36

وَاعْبُدُوا اللهَ وَلاَ تُشْرِ كُوا بِهِ شَيْئًا . وَبِالْوَ الِدَيْنِ اِحْسَانًا

Artinya : “Dan sembahlah Allah dan janganlah menyekutukanNya dengan sesuatu, dan berbuat baiklah kepada kedua ibu bapak …

Keutamaan Membaca Doa Kedua Orang Tua h3

Memanjatkan doa untuk kedua orang tua tak hanya memiliki faedah untuk kedua orang tua kita yang sedang kita doakan, namun juga untuk diri kita sendiri. Nah apa saja kah keutamaan apabila kita memanjatkan doa untuk kedua orang tua kita? Dan apakah ada hadist yang menguatkan hal tersebut? Coba perhatikan keutamaan membaca doa kedua orang tua berikut ini:

1. Berbakti kepada Kedua Orang Tua adalah Amalan yang paling utama

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata:

سَاَلْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ اَيُّ الْعَمَلِ اِفْضَلُ ؟ قَالَ : الصَّلَاةُ عَلَى وَقْتِهَا , قَالَ قُلْتُ ثُمَّ اَيًّ ؟ قَالَ : بِرُّ الْوَ الِدَ يْنِ , قَالَ : قُلْتُ ثُمَّ اَيُّ ؟ قَالَ الْجِهَادُ فِى سَبِيْلِ اللهِ

“Aku bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: ‘Amalan apakah yang paling utama?’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: ‘Shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal waktunya).’ Aku bertanya lagi: ‘Kemudian apa?’ Nabi menjawab: ‘Berbakti kepada orang tua.’ Aku bertanya lagi: ‘Kemudian apa?’ Nabi menjawab: ‘Jihad dijalan Allah’”

2. Allah akan ridha bila orang tua kita juga ridha

Adapula riwayat dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash radhiyallahu ‘anhu, menyebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ العَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَاَيْهِ وَسَلَّمَ , قَالَ : رِضَا الرَّ بِّ فِى رِضَا الْوَ الِدِ , وَسُخْطُ الرَّبِّ فِى سُخْطِ الْوَ الِدِ

“Ridha Allah bergantung kepada keridhaan orang tua dan murka Allah bergantung kepada kemurkaan orang tua.”

3. Mampu menghilangkan kesulitan yang sedang dialami

Menghilangkan kesulitanyang menimpa diri  kita dengan berbakti kepada orang tua, dengan cara bertawassul dengan amal shaleh tersebut.

4. Dilapangkan rizki dan dipanjangkan usianya

Rizki yang di lapangkan dan usia yang panjang tak serta merta datang pada diri kita. Silaturahmi dan mendoakan orang tua adalah kunci utama untuk membuka pintu rizki dan panjang umur anda. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini:

مَنْ اَحَبَّ اَنْ يُبْسَطَ فِى رِزْقِهِ وَيُنْسَاَ لَهُ فِى اَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ\

“Barangsiapa yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silaturrahminya.”

5. Jalan menuju surga

Pernahkah kalian mendengar bahwa “surgamu terletak di telapak kaki ibumu”? Nahh.. jika seorang anak berbakti dan menghormati kedua orang tuanya, maka Allah Subhanallahu wa ta’ala akan menghindarkan si anak tersebut dari malapetaka. Dan dengan izin Allah Azza wa jalla akan dimasukkan ke dalam surgaNya

Cara Berbakti Kepada Orang Tua

Cara Berbakti Kepada Orang Tua

jalandamai.org

Cara berbakti kepada kedua orang tua adalah sama halnya dengan cara memperoleh ridha Allah Azza wa jalla melalui kedua orang tua kita. Jadi, tak hanya dengan melalui doa saja, namun juga bisa melalui beberapa cara berikut ini:

Cara Berbakti Pada Orang Tua yang Masih Hidup

  1. Menjalankan kehidupan sehari-hari bersama kedua orang tua dengan cara yang baik. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, bahwa memberi kegembiraan kepada seorang mukmin termasuk shadaqah. Apalagi bila kita mampu membawa kegembiraan dan kebahagiaan bagi kedua orang tua kita.
  2. Berkata dengan lemah lembut dan mendahulukan tata krama kepada keduanya. Karena selain orang tua kita memiliki usia yang lebih tua dari kita, orang tua kita adalah orang yang mulia, karena telah mengasuh dan membesarkan kita. Oleh karena itu, hendaknya kita membedakan cara berbicara saat bersama dengan teman dan juga cara berbicara dengan kedua orang tua.
  3. Tawadhu’ (rendah hati) saat berada atau berbicara dengan kedua orang tua. Kita tidak boleh bersikap sombong atas apa yang telah kita capai, yang ternyata melampaui capaian dari kedua orang tua kita, karena orang tua kita tidak pernah mengungkit apa yang telah mereka berikan kepada kita selama ini.
  4. Shadaqah (memberi infaq), infaq tak hanya diberikan kepada fakir miskin, namun dapat pula kira berikan kepada kedua orang tua kita karena hakikatnya harta yang kita miliki adalah harta dari kedua orang tua kita. Oleh karena itu ada baiknya kita memberikan sebagian harta kita kepada orang tua, baik mereka meminta ataupun tidak.
  5. Mendoakan kedua orang tua, baik mereka masih dalam keadaan hidup ataupun telah meninggal. Doa yang dibaca bisa disesuaikan dengan doa untuk kedua orang tua di atas.
  6. Mematuhi setiap perintah dari kedua orang tua kita, asalkan perintah tersebut tidak bertentangan dengan ajaran agama.
  7. Kita tidak boleh berkata kasar ataupun membentak mereka.
  8. Mengikuti nasihat kedua orang tua adalah wajib hukumnya, sehingga apa yang kita kerjakan diridhai oleh kedua orang tua kita. Karena ridha mereka merupakan ridha Allah Subhanallahu wa ta’ala.
  9. Membantu dan mengatasi pekerjaan rumah tangga mereka, sehingga mereka dapat memiliki waktu istirahat mereka di hari tua.
  10. Wajib merawat dan menjaga kedua orang tua apabila mereka telah tua dan renta.

Contoh di atas merupakan contoh cara berbakti kepada kedua orang tua apabila mereka masih hidup, namun apabila kedua atau salah satu dari kedua orang tua kita telah tiada, maka kita bisa tetap berbakti kepada mereka dengan cara :

Cara Berbakti Pada Orang Tua yang Sudah Tiada

  1. Memohon ampunan kepada orang tua kita melalui Allah Azza wa Jalla dengan taubat nashuha (jujur) apabila kita pernah berbuat durhaka kepada kedua orang tua kita, sewaktu mereka masih hidup.
  2. Menshalatkan dan menguburkan jenazah mereka dengan cara yang baik.
  3. Memohonkan ampunan kepada Allah Azza wa Jalla untuk kedua orang tua kita.
  4. Membayar dan melunasi hutang hutang orang tua semasa masih hidup.
  5. Melaksanakan wasiat almarhum sesuai dengan syariat.
  6. Menyambung tali silaturahim dengan mereka yang mernah menjalin silaturahmi dengan kedua orang tua kita.
  7. Menjaga nama baik kedua orang tua yang telah meninggal.

Tidak ada orang tua yang tidak menyayangi anaknya. jadi sudah Seoantasnya juga kita mencurahkan semuanya untuk orang Tua kita. Jagalah orang Tuamu selagi mereka masih disampingmu dan Doakan terus orang tua mu yang mungkin sudah berada disisi Allah karena hal utama bagi mereka yang tak terputus adalah doa anak yang sholeh.

 

Leave a Reply