Permainan Tradisional indonesia_Sejarah, Cara Bermain, dan Macam-Macamnya

Permainan berasal dari kata dasar “main”. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata main dapat diartikan melakukan kegiatan suatu permainan untuk menyenangkan atau melakukan perbuatan untuk bersenang- senang baik menggunakan media alat – alat atau tidak menggunakan alat sekalipun.

Permainan Tradisional Indonesia

Disini dapat kita fahami bahwa permainan tradisional bisa bermakna sebagai sesuatu yang dilakukan dengan berpegang pada norma atau adat kebiasaan yang telah ada secara turun temurun dan dapat memberikan rasa puas atau senang bagi sang pelaku permainan.

Tujuan orang bermain adalah untuk mencari kesenangan dan mengurangi kebosanan. Pada dasarnya orang ingin mengisi waktunya dengan kesenangan yang dapat dilakukan dengan melakukan permainan.

Permainan Tradisional melayu

Masyarakat Indonesia masa lalu dan masa kini dapat menerima dan memanfaatkan pemberian alam dan lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya dan memanfaatkannya untuk kehidupannya. Kebutuhan hidup meliputi kehidupan lahiriah dan kehidupan rohaniah termasuk permainan yang membuat kesenangan batin.

A. Lulu Cina Buta

Permainan Melayu-lulu cina buta

youtube.com

Permainan Lulu Cina Buta ini diambil dari kata dasar ” buta ” yang berarti tidak bisa melihat. Permainan ini dilakukan oleh anak laki-laki dan perempuan biasanya jenjang Sekolah Dasar.

Permainan ini menggunakan alat yang sangat sederhana yaitu cukup dengan selembar sapu tangan atau kain kecil. Lalu membuat batas lingkaran di tanah sebesar garis tengah sekitar 21/2 meter sebagai tempat bermain.

Permainan lulu cina buta paling sedikit diikuti oleh 3 orang anak sampai 6 orang anak. Untuk menentukan siapa yang jadi ” buta ” maka diadakan terlebih dahulu hompipa yang kalah dalam dialah yang menjadi ” buta ”.

Salah satu temannya si buta yang kalah dalam hompipa tadi matanya ditutup menggunakan sapu tangan atau kain kecil dengan beberapa lipatan dan ujung sapu tangan diikat dibelakang kepala si buta .

Si buta harus benar benar tidak dapat melihat keadaan sekitar karena telah ditutup menggunakan sapu tangan tersebut.

Dengan aba-aba dari salah seorang temannya yang mengatakan ” sudah ” maka permainan dimulai. Sibuta akan merentangkan tangannya berusaha untuk menangkap salah seorang temannya yang ada didalam lingkaran tersebut .

Temannya akan berlari-lari menghindari tangkapan dari si buta . Apabila si buta berhasil menangkap salah seorang temannya maka dia harus menebak siapa teman yang ditangkapnya .

Apabila betul nama yang si buta sebutkan maka temannya itu akan menjadi sibuta namun apabila salah maka sibuta akan tetap menjadi sibuta (bertukar tempat).

Begitulah cara permainan lulu cina buta itu secara bergantian memegang peran si buta sampai mereka telah puas bermain-main . Kandungan nilai yang ada pada permainan ini adalah nilai-nilai pendidikan , kerja keras , memupuk sikap kebersamaan , melatih daya ingatan , kejujuran , sportifitas , dan mempererat persahabatan

B.BAKIAK / TEROMPA PANJANG

Permainan Melayu-bakiiak

kkn-uinsyah-ateukcut.blogspot

Terompa Panjang atau Bakiak adalah suatu permainan dari wilayah Riau, Terompa atau selop yang panjang dan terbuat dari kayu. Tali terompanya dari karet ban yang berderet dari 3 sampai 5 kaki yang bisa memakainya. TerompaH ini harus sepasang sebelah kanan dan kiri.

Cara bermainnya saat menggunakan terompah dengan selop 3 deret maka membutuhkan pemain 3 orang begitu pula saat menggunakan selop 5 maka pemain mengikuti jumlah selopnya. Setelah aba-aba dimulai maka pemain harus menyesuaikan gerakan kaki agar terompah bisa berjalan bersama tanpa terjatuh.

Permainan ini bermanfaat untuk melatih kekompakan, konsentrasi serta menati pemimpin untuk melangkah sehingga selamat mencapai tujuan.

C. Congkak

Permainan Melayu-congkak

pkbmdaring.kemendikbud.go.id

Bahannya terbuat dari kayu dengan bentuk papan yang panjang yang dilubangi sebanyak 14 lubang kecil sebagai anak dan 2 lubang besar sebagai lubang induk, yang terletak diujung kiri dan ujung kanan.

Cara memainkannya pun cukup gampang, dimainkan oleh 2 orang dan pemain secara bergantian memainkan buah dengan mengisi lubang secara berurutan, tiap lubang diisi dan pemenangnya adalah yang berhasil mengisi buah terbanyak dilubang induk.

D. Ligu

Permainan Melayu-ligu

riaudailyphoto.com

Ligu adalah permainan yang terbuat dari bambu sebagai pemukul dan juga tempurung kelapa yang dibentuk menyerupai wajik dan hati. Ligu dimainkan oleh 2 orang atau 2 kelompok yang saling berhadapan. Ligu biasa dimainkan di tanah yang lapang dengan membuat garis kira-kira 1 meter lalu diletakkan ligu digaris secara berjejer-jejer.

Pemain berkumpul antara 2 orang atau 2 kelompok dengan melakukan amplong dengan menggunakan telapak tangan untuk menentukan pemenangnya yang bermain duluan.

Bila dinyatakan galah maka ligu nya dipasangkan pada tempat yang ditentukan dan yang menang dialah yang pertama kali memukul . Si pemukul menggunakan ligu nya lalu dipukul menggunakan alat pemukul yang terbuat dari bambu (teta) ke arah ligu lawan yang telah dipasangkan tadi.

Jika dapat mengena ligu lawan berarti dia mendapatkan poin (bintang) , jika tidak mengena maka gantian main, demikian seterusnya, pemenangya adalah yang banyak mendapatkan point. Permainan Ligu ini dijumpai di Kecamata Peranap Kabupaten Indragiri Hulu.

Permainan Tradisional Sunda

Permainan tradisional Sunda merupakan permainan yang mempunyai nilai sejarah dan permainan ini juga membutuhkan strategi yang bagus untuk dapat menembus benteng pertahanan lawan. Seperti yang akan dibahas dibawah ini:

A. Bentengan

Permainan Sunda-bentengan

youtube.com

Permainan ini terdiri dari 2 kelompok, Tiap kelompok berisi pemain 5 sampai 7 pemain (sebenarnya fleksible, menyesuaikan jumlah anak dan kondisi tempat). Masing-masing kelompok mempunyai benteng yang terbuat dari batu, tiang kayu atau pohon. Benteng mempunyai basecamp dan setiap kelompok mempunyai daerah kekuasaannya masing-masing

Pemain yang keluar dari jangkauan kekuasaan basecamp dan berada di kekuasaan basecamp lawan jika tersentuh oleh pemain lawan akan gugur atau menjadi tawanan. Tawanan di tempatkan 5 sampai 10 menter dari benteng lawan. Tawanan dapat lolos dan menjadi pemain kembali jika teman kelompok berhasil menyentuhnya.

Siapa yang berhasil menyetuh basecamp lawan dialah kelompok pemanangnya. Poin bisa ditentukan dengan kesepakatan, misalkan jika benteng sudah terkena lawan 1 atau 2 kali maka ia dikatakan kalah. Kelompok yang kalah mendapatkan hukuman menggendong kelompok yang menang, dimulai dari benteng ke benteng.

B. Egrang

Permainan Sunda-egraang

damniloveindonesia.com

Egrang adalah permainan tradisional yang sampai sekarang permainan ini masih banyak dimainkan bahkan permainan ini juga menjadi bagian perlombaan adu cepat saat 17 agustusan, permainan ini membutuhkan keseimbangan yang harus dimiliki oleh pemainnya.

Egrang terbuat dari bambu bulat panjang yang dalam bahasa Banjar namanya adalah batungkau.

Sejarah permainan ini tidak begitu diketahui oleh banyak orang, egrang adalah sebuah alat permainan yang berjumlah sepasang batang bambu dengan tinggi 180-200 cm.

Permainan ini sudah jarang ditemui entah itu di desa atau di kota, Pijakan dibuat 50 cm dari bawah yang rata dengan lebar 15 cm. Egrang membutuhkan keseimbangan tubuh agar bisa berjalan. Tentukan start dan finish. Siapa cepat dia pemenangnya. Permainan ini adalah mengadu kecepatan berjalan dan berlari di atas alat egrang.

C. Gatrik

Permainan Sunda-gatrik

dictio.id

Gatrik adalah permainan tradisional yang mempunyai nama berbeda-beda disetiap daerahnya, seperti patil lele atau tak, kadal karena setiap daerah mempunyai bahasa lokanya masih-masing, meski begitu cara bermain dan peraturannya sama saja.

Permainan ini terdiri dari dua kelompok, masing-masih kelompok beranggotakan 2-4 pemain.

Permainan menggunakan alat yang terbuat dari dua bambu, satu bambu berukuran panjang yang digunakan sebagai pemukul dan satu bambu lagi berukuran lebih pendek untuk dijadikan objek pukulan dan tangkapan.

Permainan dimulai dengan membagi peran, kelompok 1 menjadi bagian pemukul dan kelompok 2 menjadi penangkap.

Poin didapatkan jika kelompok 1 berhasil melemparkan bambu yang tidak dapat di tangkap oleh kelompok dua, jika bambu berhasil ditangkap maka akan bertukar peran. Poin menjadi penentu tim yang menang.

D. Pecle atau Engklekan

Permainan Sunda-engklak

pictame.com

Engklekan mempunyai berbagai nama yang berbeda-beda di berbagai daerah, permainan tradisional ini pada umumnya dimainkan oleh anak-anak perempuan dengan tempat yaitu tanah lapang yang sudah diberi tanda sesuai jenis engklekan.

Permainan ini dimainkan oleh dua orang atau lebih. Setiap pemain harus memiliki gacuk yang biasanya terbuat dari bongkahan genteng, atau bisa benda lainya seperti batu kerikil.

Nantinya pemain akan berjalan dengan satu kaki kesetiap kotak yang tersedia, jika ada dua kota maka kedua kakinya mengisi kotak tersebut. Jika kaki melewati garis atau terjatuh maka pemain akab bergantian. kotak yang ditempati gacuk harus dilompati.

Jika pemain sudah berputar maka, pemain berhak mmemilih kotak yang menjadi “rumah” yang nantinya pemain lain tidak boleh berada dalam rumah tersebut. Pemain yang memiliki banyak rumah akan menjadi pemenangnya.

Permainan Tradisional Cina

Berikut ini adalah Permainan Tradisional Cina yang akan dibahas secara lengkap:

A. Mahjong

Permainan China-mahjong

youtube.com

Mahjong atau mahjung merupakan permainan untuk empat orang yang berasal dari China. Mahjong menunjukkan tentang kemahiran, strategi, dan pengiraan, juga keberuntungan. Bergantung kepada variasi yang dimainkan. Di Asia, mahjong juga populer sebagai perjudian dan sebagai permainan komputer.

Cara-cara permainan Objek permainan ini adalah membina set lengkap atau gabungan biasanya bertiga, dari sama ada 13 atau 16 keping. Orang pertama mendapatkannya adalah dikira pemenang. Kepingan yang memberi kemenangan melengkapkan set pemain sama ada 14 atau 17 keping.

B. Go

Permainan China-go

teknologidanilmupengetahuan.blogspot

Permainan ini berasal dari China kuno, berabad sebelum rujukan terawalnya dalam tulisan-tulisan pada abad ke-5 SM. Go adalah lebih populer di Asia Timur tetapi belakangan ini menjadi semakin populer di seluruh pelosok dunia. Go terkenal dengan strategi-strategi yang kompleks walaupun peraturan-peraturannya mudah.

Go dimainkan oleh dua orang pemain berganti-ganti meletakkan batu hitam dan putih di atas persilangan grid garis. ukuran piawai bagi grid ini adalah 19 × 19, walau bagaimanapun peraturan-peraturan Go boleh digunakan untuk ukuran: 13 × 13 dan 9 × 9 juga merupakan pilihan yang popular untuk permainan yang lebih ringkas serta lebih berorientasikan taktik disamping memperkenalkan Go kepada para pemain baru.

Objektif permainan ini adalah untuk menguasai kawasan papan yang lebih besar daripada lawan. Bagi mencapai matlamat ini, setiap pemain berusaha untuk meletakkan batu-batu mereka dalam cara-cara agar ia tidak ditangkap, sementara memetakan kawasan-kawasan yang lawan tidak dapat duduki tanpa ditangkap.

Sebiji batu atau sekumpulan batu akan ditangkap dan dialihkan sekiranya ia tidak mempunyai persilangan bersebelahan yang kosong, hasil daripada dikelilingi sepenuhnya oleh batu-batu dari pihak lawan.

C. Xiangqi

Permainan China-Xiangqi

boardgamegeek.com

Xiangqi merupakan sebuah permainan papan Cina dua orang pemain, yang berada dalam keluarga yang sama dengan catur antarabangsa, chaturanga, shogi, dan janggi. Xiangqi bentuk kini berasal dari China, oleh itu sering digelar sebagai

D. Yo-yo Cina

Permainan China-yoyo

id.aliexpress.com

Yo-yo Cina juga dikenali sebagai Diabolo memerlukan pemainnya memegang stik kayu yang diikat dengan tali nilon dengan menggunakan kedua-dua belah tangan. Fungsi stik kayu tersebut ialah sebagai alat untuk menggerakkan tali nilon mengikut cara yang dihendaki.

Pemain perlu mengimbangi yo-yo daripada terjatuh dan memutarkan diabolo dengan laju untuk melakukan pelbagai aksi yang mengagumkan. Diabolo yang ringan mudah digunakan tetapi putarannya mungkin hanya seketika. Kebanyakan pemain yang handal akan memilih diabolo berat untuk melakukan pelbagai aksi. Diabolo mudah dipelajari tetapi mengambil masa panjang untuk menjadi mahir.

Permainan Tradisional india

A. Kho-Kho

Permainan India-khokho

toyskuya.blogspot.com

Kho-Kho adalah permainan tradisional dari Maharashtra yang populer di kalangan kaum India. Pada mulanya dimainkan menggunakan kereta kuda. Permainan kho-kho ini memerlukan kecergasan fisik pemain serta pergerakan yang fleksibel untuk megelak peserta-peserta lain.

Permainan Kho-Kho membangunkan sifat-sifat seperti ketaatan, disiplin, kesukaan, dan kesetiaan antara ahli pasukan.

Bagi permainan kho-kho, setiap kumpulan boleh mempunyai 12 pemain. Tapi, hanya 9 akan bermain bagi satu perlawanan. Terdapat 2 giliran dalam permainan ini. Setiap giliran diperuntukkan selama 7 minit untuk acara lari dan kejar.

Bagi kumpulan pengejar (chaser), 8 pemain akan berada di tengah setiap 8 kotak yang terdapat di padang permainan. Setiap 8 peserta ini akan duduk dalam kedudukan yang bertentangan secara berselang-selang.

Manakala, pemain yang kesembilan akan bertindak sebagai pengejar. Sasaran bagi setiap pengejar ialah menyentuh pemain lawan dengan menggunakan tapak tangan.

Pemain lawan akan tersingkir apabila pengejar menyentuhnya dengan tapak tangan tanpa melakukan “foul”, pemain lawan telah melebihi had garisan dengan sendirinya ataupun lambat sampai ke had garisan. Pengejar boleh menukar giliran mengejar dengan menyentuh ahli pasukannya yang lain sambil berkata “Kho Kho”.

Pemain yang disentuh kemudian akan menjadi pengejar dan begitulah seterusnya. Bagi setiap 2 giliran terdapat 5 minit masa rehat diberikan. Bagi permainan Kho-Kho ini, keluasan petak padang yang diperlukan ialah 27mX15m.

Kho-Kho boleh dimainkan oleh lelaki, wanita, dan kanak-kanak dari semua peringkat umur. Permainan ini dimainkan di kawasan yang lapang dan peralatan yang diperlukan adalah dua tiang. Permainan berlangsung tidak lebih daripada 37 minit.

B. Kabaddi

Permainan India-kabaddi

sportku.com

Dua pasukan menduduki bagian yang bertentangan dengan kolam renang yang kecil atau padang. Masing-masing mengambil tempat dengan menghadap “penyerang” ke dalam bahagian pihak lawan untuk mendapatkan mata dengan menarik pasukan lawan.

Kemudian, penyerang coba untuk kembali ke bahagian pasukannya sendiri, menahan nafas dan melaungkan perkataan “Kabaddi” semasa serbuan. Penyerang tidak boleh melintasi lobi melainkan dia menyentuh pihak lawan. Jika dia tetap berbuat demikian, dia akan dianggap sebagai “terkeluar”.

Terdapat juga garisan bonus yang memastikan mata tambahan dapat dipungut oleh penyerang jika dia berjaya untuk menyentuhnya dan kembali semula ke tempat asal pasukannya.

Permainan Tradisional jawa timur

Dibawah ini akan kita bahas mengenai Permainan Tradisional Jawa Timur:

A. Jamuran

Permainan jawa timur-jamuran

kissparry.blogspot.com

Jamuran adalah permainan yang berasal dari Jawa Timur. yang dimainkan oleh anak perempuan maupun laki-laki, permainan jamuran ini biasanya dimainkan di waktu sore hari di halaman, lapangan atau tempat yang mempunyai luas yang cukup besar untuk bermain permainan ini.

Cara memainkan permainan ini cukup mudah, dengan minimal 8 pemain atau lebih,.

Pertama tentukanlah pemain yang akan berperan sebagai jamur, caranya bisa dengan berunding atau homponpah, setelah selesai menentukan jamur bentukalah lingkaran dan pemain yang menjadi jamur berdiri di tengah-tengah lingkaran tadi.

Pemain lainnya mengelilingi jamur sambil berjalan dengan diiringi nyanyi dan tepuk tangan mengikuti irama. Apabila nyanyian sudah selesai maka jamur akan mengatakan sesuatu dan nantinya semua pemain yang berbaris melingkari jamur harus mengikuti dan menuruti perintahnya.

Misalkan jamur berkata “jamur bangunan” maka nantinya pemain yang melingkar tadi akan berhamburan dan membentuk sebuah bangunan. Pemain yang tidak berubah menyerupai bangunan akan menggantikan peran pemain yang menjadi jamur.

Apalagi jika jamur mengatakan kata “jamur patung” maka pemain harus berubah seolah-olah menjadi patung dan tidak diperbolehkan untuk bergerak, apabila ada yang bergerak maka akan menggantikan peran pemain yang menjadi jamur.

B. Lompat karet

Permainan tradisional lompat karet

dictio.id

Lompat karet adalah permainan tradisional yang cukup populer dan umumnya dimainkan oleh anak-anak perempuan di Jawa Timur, sebenarnya bukan asli berasal dari Jawa Timur, akan tetapi permainan ini menjadi permainan yang popularer di Jawa Timur.

Permainan lompat karet memang oleh anak perempuan, tetapi banyak juga anak laki-laki memainkan permainan ini, karena permainan tradisional tidak ada batasan untuk laki-laki dan perempuan.

Hanya dengan menggabungkan karet hingga menjadi panjang. lalu diputarkan dan pemain melompat agar tidak terkena karet. nah pemain bergantian memainkannya dan yang menang mereka yang tidak terkena putaran karet tersebut.

B. Cublak cublak suweng

Permainan jawa timur-cublak cublak suweng

budaya jawa.id

Permainan Cublak-cublak suweng ini merupakan permainan tradisional asli dari Jawa Timur, permainan ini sangat populer di kalangan anak-anak, apalagi yang lahir pada tahun 90-an.

Untuk memainkan permainan ini dibutuhkan sedikitnya 3 orang, jika melebihi dari 6 orang makan permainan akan lebih baik.

Sebelum permainan dimulai akan ada pengundian siapa yang akan menjadi Pak Empo, setelah pengundian selesai pemain yang menjadi Pak Empo berbaring telengkup di tengah pemain yang duduk melingkari dan mengelilinginya.

Setelah itu carilah benda yang nantinya akan dijadikan sebagai saweng sambil menyanyikan lagu cublak-cublak suweng, benda tadi beralih dari satu pemain ke pemain lainnya.

Hingga nyanyian selesai maka berhentilah benda tersebut pada tangan salah satu orang pemain, lalu pemain menggenggam tangannya untuk mengecoh Pak Empo yang mencari benda yang disembunyikan tadi.

Lalu pak empo akan berganti posisi jika pak empo bisa menemukan u tadi dan begitu seterusnya.

C. Gobak Sodor

Permainan jawa timur-gobak sodor

yru.or.id

Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan acuan garis-garis yang ada atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segiempat dengan ukuran 9 x 4 m yang dibagi menjadi 6 bagian.

Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur. Anggota grup yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal.

Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas.

Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal (umumnya hanya satu orang), maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan.

Permainan ini sangat mengasyikkan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan.

Permainan Tradisional jawa tengah

A. Ancak-Ancak Alis

Permainan jawa tengah-Ancak-Ancak Alis

kepeleset.com

Ancak-Ancak Alis berasal dari Jawa Tengah yang bisa dimainkan oleh anak laki-laki maupun perempuan. Tidak dimainkan secara sendiri, permaianan ini dimainkan secara beramai ramai.

Cara Bermain permainan ini yaitu Dua orang anak menggabungkan kedua tangan mereka dan diangkat tinggi-tinggi agar bisa dilewati teman mereka. Kemudian anak-anak yang lain membuat rangkaian, setelah itu satu persatu memasuki melewati kedua anak tadi, sambil menyanyikan lagu.

Ada beberapa permainan lain seperti Udan Barat, bangun duduk, sepak tekong yang mewarnai permainan tradisional jawa tengah

Permainan Tradisional jawa barat

A. Ucing Sumput

Permainan jawa barat-ucing sumput

picdeer.com

Permainan Ucing Sumput berasal dari Jawa Barat. Permainan ini juga sama seperti permainan petak umpet dan semua generasi 90-an tahu tentangnya.

mulai dipilih sebagai penjaga dan yang lain lari untuk bersembunyi. setelah itu sang penjaga mencari anggota lainnya

Ada beberapa permainan lain seperti Hahayaman,ucing-ucingan, endog-endogan, cingcipirit yang mewarnai permainan tradisional jawa barat.

Contoh Permainan Tradisional bali

  1. Megok Goakan
  2. metajog

Contoh permainan dari bambu

  1. Gasing
  2. Engkrang
  3. Petil lele
  4. dll

Leave a Reply